Herlina Suryati

''Tidak ada kata terlambat'', itulah mottonya.Herlina Suryati adalah anak kedua dari tujuh bersaudara, lahir di Pangian 22 Februari 1967. Memiliki hobi me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sumbang Bajalan (Sumbang ketika Berjalan)
Sumber : google

Sumbang Bajalan (Sumbang ketika Berjalan)

#TantanganGurusiana #TantanganMenulis90hari #TantanganHari85

Sumbang Duo Baleh (Sumbang Dua Belas)

(Sambungan)

Sumbang Bajalan (Sumbang ketika Berjalan)

Seorang perempuan harus hati-hati di waktu berjalan. Tidak boleh berjalan sendirian, harus ada yang menemani. Berjalan dengan pelan, dan tidak tergesa -gesa, sehingga binatang kecilpun seperti semut tidak mati karena terinjak, begitulah karena kehati-hatiannya.

Seperti kata pepatah ;

Bajalan si ganjuo lalai

Pado pai suruik nan labieh

Alu tataruong patah tigo

Samuik tapijak indak mati

Artinya: Seorang perempuan atau gadis harus berjalan dengan lemah gemulai, hingga semut pun terinjak tidak mati. Tetapi perempuan atau gadis tersebut mempunyai kekuatan yang besar, jika jalannya ada yang menghalangi , maka akan hancurlah orang yang menghalaginya tersebut.

Sumbang Bakato (Sumbang ketika berkata-kata)

Ketika berkata harus tahu dengan siapa dia berhadapan. Kata-kata yang diucapkan harus dengan sopan dan memiliki tujuan. Memahami kato nan ampek yaitu kato mandata, kato mandaki, kato manurun dan kato malereang. Ketika ada yang berbicara tidak boleh memotong pembicaraan orang tersebut. Suara tidak boleh dikeraskan dan terlalu girang dalam berkata-kata.

Sumbang Mancaliek (Sumbang ketika Melihat)

Anak gadis atau perempuan yang telah gadis harus menjaga pandangannya, harus menundukkan kepala, tidak boleh bersitatap ketika bertemu dengan laki-laki yang bukan muhrimnya. Ketika menerima tamu tidak boleh sering melihat jam, karena itu sama artinya dengan kita mengusir tamu yang datang kerumah kita secara halus.

Sumbang Makan (Sumbang ketika Makan)

Di waktu makan dilarang berdiri dan berjalan, apalagi berbicara. Kecuali ada hal yang sangat penting. Makan harus dengan pelan-pelan. Tidak boleh berbunyi atau bersuara. Atau istilahnya di minang mancapak. Ketika ada yang mau diambil harus minta tolong kepada orang yang berada di sebelah kita. Mendahulukan orang yang lebih tua mencuci tangan sebelum makan dan ketika selesai makan.

Sumbang Bapakaian (Sumbang dalam Berpakaian)

Pakaian yang dikenakan harus pas sesuai dengan fungsinya masing-masing. Pakaian yang dipakai ketika mengikuti acara, ketika pergi ke pasar dan ketika mau beribadah tentu berbeda-beda. Pakaian yang dipakai harus sopan, bersih dan rapi. Tidak boleh memakai pakaian yang sempit dan ketat sehingga mencetak lekuk tubuh. Termasuk pakaian yang kainnya jarang sehingga tidak baik dipandang.

Bersambung.

Lintau buo, 10 Juli 2020

Herlina Suryati

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Yo susah tu in. Wak panggageh

10 Jul
Balas

Hehe. Yo mul..

10 Jul

Yo sabana palito nagari bundo kanduang ko buk.....mantaap....Kalau sumbang malagu lai buliah buk...hahaha

10 Jul
Balas

Namonyo sumbang berarti salah de

10 Jul

Mantap bana Bu, anak-anak zaman now hrs mangarati jo sumbang 12 ko ma Buk.

10 Jul
Balas

Yo bana ibu sayg, itu bana yang lah hilang, kito cubo basamo manjalehan ka anak anak kito buk, kalau ado acara di sekolah buek samacam acara drama supayo paham anak kito bu..tarimo kafih bu kunjungannyo.

10 Jul

Keren bu, selalu saja artikelnya menambah wawasan saya. Salut ah.

11 Jul
Balas

Terima kasih bu Susi jadirnya

13 Jul

Mantul bunda

10 Jul
Balas

Terima kasih bu say

13 Jul

Jadi tambah wawasan bu. Terimakasih

10 Jul
Balas

Mksh bu say

13 Jul

Mantul, bunda!

10 Jul
Balas

Terima kasih bu Siti

10 Jul

Keren banget.......membacanya asyik plus tambah wawasan dan pekerti..... salut

10 Jul
Balas

Hehe ya pak Pujarsono..terima kasih

10 Jul

Sumbang = sumbang (Gayo/Aceh). Tata Krama hidup manusia beradat.

10 Jul
Balas

Kalau di Minang sumbang itu artinya salah pak yusrin..mksh hadirnya pak

10 Jul

Keren bingittt bunda...sukses selalu

10 Jul
Balas

Mksh bu cantik

13 Jul



search

New Post